Inilah dasar bahwa menutup aurat itu sebuah kewajiban

5/24/2017

inpirasi islam
Berhijab adalah kewajiban setiap wanita. Yang dijalankan tidak hanya ketika sholat, namun juga diluarnya. Hakikat berhijab bagi wanita adalah untuk menutupi auratnya. Tetapi banyak wanita yang melupakannya. Sehingga banyak kita jumpa, wanita berhijab tapi tidak menutup auratnya.
“Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya” (QS. An Nur: 31)
Inilah dasar bahwa menutup aurat itu sebuah kewajiban. Selanjutnya mungkin dalam benak kita muncul pertanyaan. Batasan mana sajakah yang termasuk menutup aurat ?
Pada suatu ketika Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menegur Asma binti Abu Bakar Radhiyallahu anhuma ketika beliau datang ke rumah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan mengenakan busana yang agak tipis. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memalingkan mukanya sambil berkata, “اWahai Asma ! Sesungguhnya wanita jika sudah baligh maka tidak boleh nampak dari anggota badannya kecuali ini dan ini (beliau mengisyaratkan ke muka dan telapak tangan).” [HR. Abu Dâwud, no. 4104 dan al-Baihaqi, no. 3218. Hadist ini di shahihkan oleh syaikh al-Albâni rahimahullah]
Sehingga jelaslah bahwa aurat wanita adalah seluruh anggota badannya kecuali telapak tangan dan muka. Maka segera saudari-saudari seimanku ini untuk berkaca. Sudahkah hari ini menutup aurat dengan benar adanya?
Karena berhijab itu wajib, buka aurat jangan!
inspirasi-islami.tumblr.com

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

pesan di sini ...

Nama

Email *

Pesan *

Kata mutiara

Allah Masih Memberiku Waktu " Hari ini aku masih terbangun karena Allah masih memberiku waktu di dunia, memberiku waktu untuk hidup agar aku dapat menghapuskan dosa-dosaku dengan melakukan kebaikan"